Walau Modalnya Kecil, Ternyata 4 Peluang Usaha Ini Cukup Menjanjikan Lho

Apakah saat ini kamu sedang menganggur dan kesulitan mendapatkan pekerjaan? Jangan putus asa, mungkin kamu lebih cocok untuk berwirausaha ketimbang jadi pekerja kantoran.

Jangan pula bercita-cita mencari kerja di Jakarta atau kota besar lainnya. Kamu belum tentu bisa berhasil dapat kerja di sana, ditambah lagi sekarang ini ada banyak sekali persaingan dalam mencari kerja di kota-kota besar. Itu sebabnya kita bisa melihat banyak pengangguran di kota-kota besar.

Jangan berkecil hati, kamu bisa coba berwirausaha

bisnis jualan gorengan
Ini gambar gorengan, bisa jadi inspirasi usaha kamu

Jika kamu belum tahu, sekarang ini ada banyak banget lho peluang usaha di sekitar kita. Dan beberapa peluang usaha itu bisa dijalankan dengan modal yang minim. Modal utama untuk membangun sebuah usaha itu adalah kemauan dan kerja keras, jangan banyak gengsi karena pada akhirnya orang yang mau berusahalah yang bisa berhasil.

Pertumbuhan jumlah penduduk, dan perkembangan teknologi telah membuka banyak peluang bisnis yang bisa kita kerjakan. Bahkan ada beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang bisa kita jalankan saat ini dengan potensi keuntungan yang cukup menjanjikan untuk jangka panjang.

Berikut ini adalah 4 jenis peluang usaha dengan modal kecil tapi menjanjikan:

4 Jenis Usaha Dengan Modal Kecil

1. Berjualan Jus Buah

Jangan menyepelekan jualan es buah karena usaha kecil-kecilan yang satu ini sangat laris di Indonesia. Memang modal awalnya terasa agak berat, tapi sebenarnya itu adalah investasi jangka panjang mu untuk menjalankan usaha.

Menjalankan usaha ini akan lebih bagus lagi bila beroperasi di tempat yang cukup ramai dan sering dikunjungi orang, misalnya pusat perbelanjaan, tempat wisata, dekat sekolah, atau di depan minimarket.

2. Berjualan Aneka Gorengan

Peluang usaha yang satu ini seringkali diremehkan karena dianggap untungnya sangat kecil. Pada kenyataannya, walaupun untung penjualan dari satu gorengan kecil tapi bila penjualannya banyak maka untungnya pun akan besar. Jadi, jualan gorengan itu bermain di quantity tapi tidak mengenyampingkan quality.

Keberhasilan menjalankan usaha gorengan sangat dipengaruhi oleh lokasi tempat kita berjualan. Pilihlah lokasi yang memang sudah familiar dan sering dilewati oleh orang-orang, misalnya pusat perbelanjaan, sekolah, tempat wisata, minimarket, dan tempat lain.

Di awal menjalankan usaha jualan gorengan, modal yang paling besar adalah untuk pengadaan gerobak dan juga peralatan masak. Ketika usaha sudah berjalan, pengeluaran rutin yang cukup besar adalah untuk pembelian minyak goreng dan bahan bakar.

Namun, biaya operasional untuk jualan gorengan tersebut cenderung kecil lho. Jadi, kamu masih bisa mendapatkan untung yang besar dari usaha yang satu ini.

3. Berjualan Pulsa Elektronik

Nah, peluang usaha yang satu ini tidak kalah menjanjikan. Alasannya karena sekarang ini banyak orang yang butuh pulsa dan memilih untuk membeli pulsa elektronik.

Modal awal untuk memulai usaha jualan pulsa elektronik ini hanya Rp 300.000,- saja. Selain itu, tentunya kamu juga harus punya perangkat hp untuk mengirimkan pulsa ke orang yang membeli pulsa elektronik.

Di awal menjalankan usaha ini, kamu bisa menjual pulsa elektronik ke orang-orang terdekat, misalnya teman atau keluarga mu. Kemudian kamu juga bisa memasarkan usaha jualan pulsa elektronik tersebut melalui media sosial dan juga forum-forum online.

Memang awalnya terasa agak sulit untuk mendapatkan pembeli. Namun, lama-kelamaan pembeli pulsa dari kamu akan semakin banyak, dan biasanya mereka tidak segan-segan untuk mempromosikan usaha jualan pulsa mu ke orang lain.

Untuk menjalankan usaha jualan pulsa elektronik ini, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Bergabung dengan agen pulsa yang terpercaya.
  • Usahakan promosi melalui internet, misalnya di sosial media seperti Facebook atau Twitter
  • Jangan menjual pulsa elektronik dengan harga terlalu mahal atau terlalu murah, perhatikan harga pasaran
  • Jangan pernah memberikan hutang pada orang lain
  • Berikan pelayanan yang ramah dan sopan

4. Buka Usaha Pangkas Rambut

Usaha pangkas rambut (barber shop) sekarang ini semakin banyak lho di Jakarta, mungkin di kota besar lain juga. Biasanya pelanggannya adalah pria dewasa dan anak-anak. Kalau wanita biasanya lebih memilih salon khusus untuk wanita.

Membuka usaha pangkas rambut untuk pria akan lebih mudah karena memang model rambut pria lebih sederhana ketimbang wanita. Selain itu, para pria biasanya potong rambut cukup teratur karena alasan kerapihan.

Langkah awal untuk buka usaha pangkas rambut ini adalah:

  1. Memilih lokasi yang tepat
  2. Mempersiapkan peralatan yang memadai
  3. Kamu tentu harus punya keahlian memotong rambut

Kamu juga harus punya standar untuk pelayanan kepada pelanggan, karena pelanggan yang puas akan kembali lagi ke tempat usaha pangkas rambut mu nantinya. Tentukan harga yang pantas dan wajar untuk jasa potong rambut yang kamu tawarkan, jangan kemahalan dan jangan kemurahan juga.

Demikianlah beberapa contoh peluang usaha yang menjanjikan yang bisa kamu jalankan dengan modal yang cukup kecil. Kunci keberhasilan semua usaha itu adalah kemauan, kerja keras, dan konsistensi. Lakukan secara serius dan lihat hasilnya beberapa waktu ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top